Dipublikasi pada 08 May 2018Traveling: Do it Your Self atau Tour Agen? Dilema antara budget dan tinggal jalan aja menjadikan kita kadang bingung dan repot sendiri buat atur liburan. Kira-kira apa sih hal-hal yang menjadi kita akan memutuskan liburan do it yourself alias 'backpacker' atau pilih jasa tour agen untuk urusa...

Traveling: Do it Your Self atau Tour Agen?

Dilema antara budget dan tinggal jalan aja menjadikan kita kadang bingung dan repot sendiri buat atur liburan. Kira-kira apa sih hal-hal yang menjadi kita akan memutuskan liburan do it yourself alias 'backpacker' atau pilih jasa tour agen untuk urusan liburan?

Susun itinerary dan destinasimu (picture source: pexels.com)

Ketika membaca review para travel blogger, terbesit dipikiran kita untuk menjelajahi segala destinasi baru yang mereka ulas dan spend more time untuk merasakan lebih dalam destinasi wisata tersebut, apalagi destinasi yang memang masih 'perawan' alias belum banyak pengunjung yang datang ke tempat tersbut. Yap, saya setuju sekali sebagai penikmat alam dan kearifan lokal akan kalimat 'travel like a local', menjelajahi setiap daerah tanpa batas dan merasakan suasana yang benar-benar homey layaknya tempat kita sendiri. Tapi, kadang kala butuh hal yang cukup overwhelming saat kita harus mengatur itu semua dan merencanakan segala pernak-pernik liburan yang seperti kita mau. Pengennya gak repot buat liburan tinggal berangkat, nikmati, dan pulang dengan kesan yang memuaskan apalagi ditambah poin murah. Sebagian banyak orang untuk urusan travelling murah, jawabannya adalah 'backpacker'. Ada juga mereka yang berpendapat mau enak dan tinggal jalan pakai tour agen yang bikin kita gak akan repot masalah keperluan berwisata. 

Kalau ditimbang nih antara keduanya, sebenarnya do it yourself dan pakai jasa tour agen sama-sama punya kelebihan dan kekurangan. Apa sih perbandingan antara keduanya yang bisa kita ukur? Let's compare.

Kasus pertama : Atur sendiri lebih murah, tapi travel agen belum tentu mahal juga

Atur sendiri bisa lebih murah jika  akomodasi yang digunakan sangat murah seperti hostel atau rumah penduduk. Pilihan lain selain menggunakan mobil pribadi, bisa dibuat irit dari segi biaya dengan menggunakan angkutan umum. Hal ini sangat menghemat biaya, jika kita bisa menyusun rencana liburan dengan sangat teliti. Jika ingin fasilitas yang lebih nyaman dan bagus liburan dengan jasa travel agen akan jauh lebih murah. Kebanyakan dari jasa travel agen memiliki perjanjian atau kontrak ke beberapa hotel, tempat wisata bahkan alat transportasi sehingga kita bisa mendapat pilihan akomodasi yang tepat dan cukup mengurangi beban kita dalam mencari akomodasi.

Kasus kedua : Soal tanggal, liburan sendiri bisa fleksible dengan travel agen mungkin tidak 

Liburan sendiri akan lebih efektif jika rencana liburan disusun secara mendadak. Misalnya jika ingin berpergian ke luar negeri minggu depan, atau bisa jadi beberapa hari kedepan. Namun jika liburan sudah disusun dari jauh – jauh hari, maka jasa travel agen bisa dikondisikan sesuai kebutuhan tentunya. Terlebih lagi jika traveling dilakukan bersama keluarga. Jasa travel agen dapat memberikan kemudahan. 

family holiday (picture source: pexels.com)

Kasus ketiga : Liburan sendiri destinasi bisa pilih sendiri, dengan travel agen dijamin lebih jelas mau kemana

Alasan itinerary yang fixed menjadi kendala bagi kebanyakan traveler untuk memilih travel agen dan terlihat lebih mahal untuk destinasi yang begitu saja. Tapi dengan travel agen kita tidak akan bingung mau kemana untuk liburan dengan destinasi yang mereka tawarkan, kalo bisa dinego tentuya kita bisa menentukan destinasi favorit kita. Untungnya lagi dengan jasa travel agen mereka akan bisa menjadi tour guide kita saat menjelajah suatu destinasi tanpa sewa tour guide lagi.

Kasus keempat : Do it yourself, bersiaplah untuk repot mengurus keperluan dengan travel agen tinggal duduk manis aja

Bagi kita yang sibuk dan anti repot travel agen jadi pilihan. Untuk para backpacker sah-sah saja jika terbiasa repot dengan segala urusan persiapan liburan. Namun untuk hal-hal yang tidak diinginkan misalnya liburan ke luar negeri atau di tempat-tempat ekstrem bersiaplah untuk menyiapkan kebutuhan ekstra saat liburan sendirian mengenai travel assurance dan safety. Jika menggunakan travel agen tentunya kita akan terbantu untuk pengurusan travel assurance dan jaminan keamanan.

Jadi pilihan untuk traveling sendirian ataupun menggunakan travel agen, maka cek-cek lagi liburan seperti apa yang nomad inginkan. Jika kalian sibuk dengan rutinitas dan cukup sulit untuk liburan maka tavel agen bisa jadi pilihan. Jika punya waktu dan tenaga ekstra kuat bolehlah merasakan petualangan ala backpacker. I wait for others stories of you nomad, about traveling like a backpack or use travel agent and give some tips and trick in travel experience. 

Komentar (0)

Anda harus masuk terlebih dahulu untuk bisa berkomentar.