Dipublikasi pada 31 Jul 2018Pesona Wisata Sumatera Barat, Kental Adat dan Makanan Lezat Kearifan lokal, kultur budaya, dan asri alamnya. Tak salah jika ajang bergengsi seperti Asian Games 2018 diselenggarakan di Pulau Sumatera. Pesona alam dan ramah manusianya buat semua orang terpikat.

Pesona Wisata Sumatera Barat, Kental Adat dan Makanan Lezat

Kearifan lokal, kultur budaya, dan asri alamnya. Tak salah jika ajang bergengsi seperti Asian Games 2018 diselenggarakan di Pulau Sumatera. Pesona alam dan ramah manusianya buat semua orang terpikat.

Saya suka berkelana, dari sekian banyak tempat singgah, Sumatera jadi salah satu yang paling bermakna. Suatu hari di tahun 2018, seorang teman mengajak berkelana ke Pulau Sumatera. Awalnya ia kukuh ingin datang ke Danau Toba, namun karena saya sudah pernah ke sana, jelas saya menyarankan tempat lain. Maklum, dana traveling saya tipis, jadi kadang suka mikir berkali-kali kalau mau traveling ke tempat yang sama kedua kalinya hehe.

Ya, meski saya percaya Toba selalu istimewa, tapi nggak ada salahnya kan buat berpendapat. Dear netijen, tolong jangan dihujat.

Long short story, Sumatera Barat adalah destinasi kami kala itu. Bersumber dari google, beginilah kiranya rangkuman perjalanan singkat kami.

Apa yang menarik dari Sumatera Barat?

Bukan hanya asri dan damai alamnya,  lidah kami juga dimanjakan dengan makanan yang menggugah selera. Belum lagi keramahan warganya, buat hati jadi senang ke mana saja. Seperti sihir, pesona alamnya bahkan sudah terpancar sempurna di sepanjang bahu jalan, membuat saya jadi lupa seketika dengan segala beban yang dibawa dari kota.

Sumber gambar dari sini.

Kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Sumatera Barat?

Setiap sudut di Sumatera Barat ini ibarat rumah yang menawarkan peluk hangat. Tak peduli hujan, ke mana, kau bisa kapan saja datang berkunjung.

Pendapat tentang alam dan makanan khas Sumatera Barat?

Seantero dunia juga tahu kalau masakan Padang jadi salah satu menu terfavorit sepanjang masa. Di Jawa, di Kalimantan, di Bali pun bahkan masakan Padang bisa dijumpai dengan mudah. Di luar negeri apalagi, kalau kangen makanan Indonesia ya tinggal cari rumah makan Padang. Rempahnya yang kental terasa, minyaknya yang menggoda mesti berlemak, rendang dagingnya yang gurih, sungguh nikmat Tuhan mana yang kau dustakan?

Itu masih secuil tentang makanan khas dari Sumatera Barat, menu lain yang tak kalah nikmat seperti sate padang, dendeng balado, hingga palai rinuak.

Serius deh, ini kalau main ke Sumbar, jadi lupa kalau punya target berat badan. Enak semua masa!

Sumber gambar dari sini.

Soal alamnya, duh jangan ditanya, bagusnya nggak ketulungan kalau kata orang Jawa. Ada laut biru, bukit hijau, danau tenang, gunung tinggi, yang membaur dengan baik bersama senyum dan budaya di sana. Mau kuceritakan satu persatu nanti lebih detail di artikel yang lain. Kamu masih sabar menanti cerita saya kan?

Menginapnya di mana?

Sudah era digital, jadi harusnya sih kamu nggak kebingungan waktu cari penginapan. Sama seperti yang saya lakukan, kala itu berbagai aplikasi dan website ternama jadi referensi untuk mencari penginapan sesuai dana dan kebutuhan. Pilihannya ada banyak, mulai dari Untuk tempat tinggal dan penginapan kita tak perlu cemas karena di daerah Sumatera Barat banyak terdapat penginapan yang masih tergolong murah karena tidak seramai ibu kota ataupun kota besar lainnya. Tapi apabila anda ingin benar-benar memahami budaya disana warga akan sangat menerima kedatangan anda saat berkunjung ke rumah-rumah mereka.

Ke Sumatera Barat bisa berkunjung ke mana saja?

Kota Padang

Sebagai kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera sekaligus ibukota dari provinsi Sumatera Barat, Padang menyimpan banyak keunikan dari setiap destianasi yang ditawarkan. Ada wisata buatan, alam, hingga wisata sejarah yang tidak boleh dilewatkan saat datang ke Padang.

Banyak pantai "perawan" yang masih damai dan asri, atau pantai yang sudah viral tapi tetap kental dengan kesan Padang oriental. Misalnya, pantai Padang yang letaknya dekat dari pusat kota dan berfasilitas lengkap. Pantai yang akan membuatmu terpana dengan debur ombaknya, karang tegarnya, serta halus pasirnya.

Ada juga wisata sejarah yang terkenal bernama pantai Aie Manih dengan cerita malin kundang yang durhaka kepada ibunya sehingga dikutuk menjadi batu. Masyarakat percaya,  sampai sekarang batu yang ada di pantai itu adalah malin kundang, begitulah mitos menyebar sampai membuat banyak orang datang karena penasaran, kami contohnya.

Sumber gambar dari sini.

Kalau ke Padang, jangan lupa incipi masakan Padang yang asli, karena rasanya duh bikin nagih. Juga jangan lupa makan rendangnya yang nendang, ketupat, pical dan lotek. Denger namanya aja asing kan? Makanya cobain gih!

Fyi, Padang ini panas, jadi jangan pake baju tebal nan menghangatkan. Pakai baju ala-ala pantai yang sepoi-sepoi, seperti baju melangsai. Kalau urusan transportasi di sini tenang aja, gampang! Ketok pintu ke rumah warga buat minta diojekin aja bisa.

Kota Bukittinggi

Banyak orang belum tahu jika Bukittinggi ini digandrungi karena keunikan sejarah dan kelezatan kulinernya. Seperti contohnya destinasi jam Gadang, pasar atas bawah, dan lobang japan  yang menjadi ikon wisata kebanggaan kota. Jam gadang sendiri adalah ikon dari Bukittinggi yang berbentuk jam yang sangat besar dan terletak ditengah-tengah kota apabila anda hendak menuju kesini bisa menggunakan kendaraan umum atau juga pribadi. Jam gadang sendiri memiliki luas 13 x 4 meter dan tinggi sekitar 26 meter yang terdiri atas beberapa tingkatan. Bagian teratas dari jam gadang adalah penyimpanan bandul jam yang pada tahun 2007 silam sempat patah karena gempa besar yang melanda kawasan ini. Keunikan lain dari jam ini adalah angka penunjuk jamnya yang berbentuk huruf romawi.

Sumber gambar dari sini.

Setibanya di lokasi, kamu hanya tinggal berjalan sedikit untuk mencapai pasar yang terletak berdekatan dengan jam gadang, dan kamu pasti akan merasa puas berburu oleh-oleh menarik mata, hati, dan dompet di pasar ini. Beli makanan juga bisa, kalau rekomendasi dari saya sih ke Bukittinggi harusnya mencicipi nasi kapau.

Kalau kamu ingin menikmati wisata sejarah,  datang saja ke Lobang Jepang dan nikmati pengalaman menarik memasuki lobang Jepang yang sangat terkenal sebagai persembunyian orang-orang Jepang saat menjajah di Indonesia.

Ada juga kebun Binatang yang masih sangat tradisonal dan pintu masuknya yang langsung terhubung dengan replika rumah gadang sehingga kita dapat berwisata sekaligus belajar sejarah dan mengenal rumah gadang khas Minangkabau ini. Rumah gadangnya bagus-bagus, persis kayak RPUL waktu jaman SD.

Sumber gambar dari sini.

Tempat wisata lain di Bukittinggi yang masih belum banyak orang yang mengenalnya adalah janjang seribu yang merupakan tembok besar Chinanya Sumbar yang masyarakat sekitar kadang menyebutnya dengan Great Wall. Perjalanan menuju tempat wisata ini cukup menguras tenaga karena harus ditempuh dengan berjalan kaki dengan jarak sekitar 1 KM.

Sumber dari sini.

Lokasinya sendiri berdekatan dengan lopang Jepang sehingga kita tidak perlu takut harus menempuh perjalanan lagi karena antara satu tempat dengan tempat lainnya yang tidak terlalu jauh. Selama berada di tembok besar ini kita akan disuguhi banyak keindahan yang sangat sulit dideskripsikan karena membentuk suatu kesatuan mulai dari bukit-bukit yang tinggi sampai fenomena geologi yang sangat menganggumkan dan sayang untuk dilewatkan jadi lelahnya perjalanan yang harus ditempuh dengan berjalan kaki akan terobati dengan suguhan pemandangan tersebut.

Kayaknya cerita yang saya bagi udah terlalu panjang deh, itu artinya kamu harus mau membaca kelanjutannya minggu depan ya! Iya, saya janji akan mengunggah versi lengkapnya nanti biar bisa jadi referensi kamu. Jadi, jangan lupakan saya, eh cerita saya maksudnya hehe.

Komentar (0)

Anda harus masuk terlebih dahulu untuk bisa berkomentar.