Dipublikasi pada 17 May 2018Tentang Puasa, Ramadhan, Takjil, dan Ngabuburit di Malang Sedap di mata, kenyang di perut, ramah di kantong.

Tentang Puasa, Ramadhan, Takjil, dan Ngabuburit di Malang

Sedap di mata, kenyang di perut, ramah di kantong.

Ada anak bertanya pada bapaknya

Buat apa berlapar-lapar puasa

Hayo ngaku yang bacanya sambil nyanyi pasti kelahiran angkatan tua ya, hehe. Seperti sepenggal larik di atas, mungkin sebagian dari kita masih ada yang bertanya-tanya manfaat tentang puasa. Tapi sayang, di artikel ini saya tidak akan membahas tentang itu lol (langsung dihujat netijen hehe).

Godaan puasa, sumber: https://dribbble.com/shots/2892580-Shield

Justru di sini saya akan sedikit berbagi tentang pencarian yang sudah saya lakukan beberapa waktu lalu. Karena ini momen bahagia, Ramadhan telah tiba! Oleh karena itu, artikel ini spesial saya tulis dengan tema tempat wisata, Ramadhan, dan Takjil.

Ramadhan kali ini mungkin terasa lebih spesial bagi arek-arek Malang. Karena ada banyak hal yang berubah dari Malang selama satu tahun terakhir. Semakin dikenal dengan wisata kampung tematik, kini Malang menjelma jadi salah satu kota wisata yang paling menarik. Apalagi, di momen puasa seperti ini kampung tematik bisa dijadikan pilihan bagi siapa saja yang ingin berburu foto, wisata santai, dan ngeksis di instagram.

Fyi, Malang punya 17 Kampung Tematik yang unik dan menarik untuk dikunjungi, lumayan bisa dijadikan referensi tempat untuk ngabuburit. Daripada sibuk menghitung jam waktu berbuka puasa, mending kita berwisata!

Ngabuburit di Kampung Tematik Kota Malang

Kampung Warna-Warni Jodipan dan Tridi masih menjadi Raja dan Ratu Kampung Tematik di Malang. Selain karena keduanya adalah inisiator dari wisata kampung tematik, dua kampung ini memang terus berinovasi untuk memberikan hal baru bagi pengunjungnya agar tak merasa bosan. Banyak spot foto terbaru dan kekinian yang selalu berhasil menarik perhatian masyarakat. Apalagi semenjak dibangun jembatan kaca yang menghubungkan kedua kampung, wisata ini tak pernah sepi pengunjung.

Jembatan Kaca, sumber: Instagram @ yopi507

Salah satu waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini dan merasakan artistiknya jembatan kaca adalah waktu sore hari. Ditemani senja, kawasan wisata ini terlihat makin istimewa. Nah, pas banget stok foto instagrampun kian bertambah.

Suasana Maghrib di Jodipan, sumber: http://pesonajatim.com/jembatan-kaca-ngalam-pertama-di-indonesia-ini-percantik-kampung-warna-warni-jodipan/

Kalau kamu mau ngabuburit di Jodipan dan Tridi, ada beberapa tempat makan enak dan mengenyangkan yang bisa jadi rujukan untuk berbuka puasa, di antaranya: Rumah Makan Inggil, Depot Hok Lay, Ronde Titoni, Sop Kepala Ikan Pak Untung, Es Yoga Malang, dan Depot Brantas. Kamu bisa cek semua ulasan lengkapnya di sini.

Selain Kampung Warna-Warni dan Tridi, ada Pasar Takjil baru di Kampoeng Kajoetangan yang wajib kamu datangi. 

Kampoeng Kayoetangan adalah wajah baru bagi wisata kota Malang. Destinasi ini dibentuk sebagai apresiasi dan rasa peduli untuk menjaga berbagai bangunan bersejarah di kota Malang. Bahkan katanya, kawasan ini menjadi awal mula kota Malang yang luas dan berdiri kokoh hingga saat ini. Di tempat inilah, Pasar Krempyeng yang menjadi pasar pertama kali di Malang dibangun. Sayang, generasi saat ini rupanya mulai lupa dengannya. Oleh karena itu, beberapa waktu lalu Dinas Pariwisata, komunitas Save Malang Heritage, GenPi Malang, bersama dengan pihak-pihak lainnya mencoba untuk kembalii mengangkat kampung ini sebagai wisata yang layak dikunjungi.

Kampoeng Kayoetangan, sumber: http://www.radarmalang.id/yuk-jalan-jalan-di-kampoeng-heritage-kajoetangan-asyik-lho/

Coba deh kalian jalan-jalan ke sini dan nikmati nuansa Malang Tempoe Doloe yang sangat kental terasa. Tak hanya dari arsitektur bangunannya, tapi berbagai kuliner lawas dari Malang juga bisa dibeli di sini. Kabar bagusnya, mulai Ramdhan tahun ini, akan digelar Pasar Takjil di sini. Menarik!

Jajanan Tradisional Malang, sumber: https://ngalam.co/2016/05/31/empat-nama-jajanan-pasar-khas-malang/

Penasaran dengan daftar kampung tematik Malang lainnya? Cek selengkapnya di sini.

Jalan-Jalan Sore Di Taman Kota Malang

Selain wisata ke Kampung Tematik, jalan-jalan sore di taman kota bisa jadi pilihan yang menarik. Selain bisa menyegarkan pikiran, dan menyehatkan pernapasan karena menghirup udara segar, jalan-jalan sore di taman kota juga bisa membuka kesempatan bagi kamu yang jomblo untuk mendapatkan jodoh hehe.

Kamu tak usah khawatir bosan dengan pemandangan taman yang itu-itu saja, karena kota ini punya banyak taman yang menawarkan berbagai pemandangan yang beda dan tetap indah. Ada Taman Slamet dengan ikon hiasan oranye yang sudah melegenda jadi spot foto, ada juga Taman Singha Merjosari yang terkenal dengan arena olahraganya. Sementara itu, di taman Balaikota ada air mancur yang bisa dinikmati sembari duduk melihat padatnya jalanan dari pusat kota. Taman Kunang-Kunang yang selalu disayang juga masih jadi rekomendasi taman favorit di Malang. Jadi nggak khawatir kehabisan stok taman untuk ngabuburit kan?

Ngabuburit di Taman Slamet, sumber: http://www.wisatabagus.net/tempat-ngabuburit-di-malang

Satu lagi taman kota yang tidak boleh dilewatkan adalah Alun-Alun. Terletak di jantung kota, kawasan ini pasti akan jadi tempat yang paling direkomendasikan untuk menghabiskan waktu di sore hari. Enaknya lagi dekat sama Masjid Agung Jami', jadi nggak khawatir dengan tempat sholat kan.

Ngabuburit di Alun-Alun Kota Malang, sumber: http://www.jatimtimes.com/baca/154011/20170603/101142/ngabuburit-di-malang-inilah-spotspot-yang-hitz/

Tahukah kamu berapa jumlah taman di kota Malang? Yuk, cek kebenaran jawabanmu di sini ya.

Berburu Kuliner di Pasar Takjil Kota Malang

Pasar Takjil Soekarno Hatta Malang, sumber: http://www.aktual.com/pemkot-malang-gelar-pasar-takjil-soekarno-hatta-di-bulan-ramadhan/

Mau yang lebih ramah kantong lagi? Datang saja ke pasar takjil di Jalan Surabaya depan Universitas Negeri Malang. Menargetkan mahasiswa sebagai pembeli utama, jelas harga yang ditawarkan akan lebih murah. Jenis variannya juga ada banyak, bisa dipilih sesuka hati.

Dihimpun dari berbagai sumber, daftar lengkap pasar takjil di Malang bisa kamu temukan di sini.

Sampai sini dulu ya, cerita hari ini. Lain waktu akan saya sambung lagi dengan refrensi tempat ngabuburit menarik lainnya. Eits, kalau kamu punya pendapat lain, boleh lah ya dibagi di kolom komentar, biar bisa jadi rujukan bagi teman-teman yang lain juga.

See you when I see you!

Komentar (0)

Anda harus masuk terlebih dahulu untuk bisa berkomentar.