Dipublikasi pada 08 May 2018Dilema Traveling, Saat Raga ingin Jalan-Jalan, tapi Isi Dompet Hanya Pas-Pasan Kamu mahasiswa? Ingin jalan-jalan tapi uang bulanan cuma cukup buat makan? Atau kamu pekerja yang bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan hidup tapi memendam hasrat luar biasa untuk bisa jalan-jalan mengelilingi Indonesia, mengunjungi berbagai tempat...

Dilema Traveling, Saat Raga ingin Jalan-Jalan, tapi Isi Dompet Hanya Pas-Pasan

Kamu mahasiswa? Ingin jalan-jalan tapi uang bulanan cuma cukup buat makan? Atau kamu pekerja yang bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan hidup tapi memendam hasrat luar biasa untuk bisa jalan-jalan mengelilingi Indonesia, mengunjungi berbagai tempat menarik di dunia? Berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menabung demi mewujudkan impian jalan-jalanmu?

Anggaran liburan, sumber: https://dribbble.com/shots/4079721-Ostrich-Effect-for-Evree

Salah satu golongan yang memiliki ketertarikan untuk traveling adalah anak muda, baik dari kalangan mahasiswa atau pekerja muda. Namun sayang, tidak semua anak muda beruntung bisa mewujudkan ketertarikannya dalam hal traveling. Apalagi bagi mereka yang uang bulanannya masih terbatas, bisa jadi traveling hanya disebut sebagai kebutuhan mewah yang hanya bisa dibayangkan.

Padahal masa muda itu adalah waktu terbaik untuk menuntaskan impian menjelajah berbagai tempat baru, mengunjungi kekayaan alam di sekitar. Sayang sekali jika masa muda tidak diisi dengan cerita perjalanan menarik yang bisa jadi bekal dan kenangan indah di masa tua nanti.

Jalan-jalan impian, sumber: https://dribbble.com/shots/2561687-Time-Travel-Dreaming

Sebelum habis masa mudamu, yuk kita coba gaya hidup baru yang bisa membantu mewujudkan impian jalan-jalanmu menjadi nyata. Meski secara logika uang bulanan hanya cukup untuk bertahan hidup, kamu masih bisa kok mencari celah guna menabung sedikit uang demi menuntaskan impian bepergian ke tempat idaman. ling dengan uang pas-pasan.

Yakin nih bukan artikel hoax?

Oh no dear, yakinlah selagi ada niat dan usaha semua mimpi bisa menjadi nyata.

Sudah siap? Here, we are!

Ketatkan pengeluaran harianmu, tuliskan budget maksimalmu

Bagi anak muda baik mahasiswa atau pekerja khususnya golongan perantau, permasalahan yang  sering terjadi adalah awal bulan foya-foya, sementara akhir bulan harus puasa dan ngirit karena uang habis duluan. Nah, kalau kamu memang ingin mewujudkan impian jalan-jalanmu, coba deh perbaiki dulu kebiasaanmu yang satu ini.

Tanamkan pada pikiranmu bahwa menghemat itu adalah kewajiban.

Asumsi biaya bulanan untuk mahasiswa

Pemasukan uang jatah bulananmu = Rp 1.000.000,00

Pengeluaran harian maksimal @Rp 25.000,00 x 30 hari = Rp 750.000,00

Sisa uang = Rp 250.000,00

tabungan liburan, sumber: https://dribbble.com/shots/2438532-Mr-Piggy

Nah itu hemat apa pelit? Jadi begini saudara-saudara, pengeluaran terbesar mahasiswa itu sebenarnya adalah untuk uang makan. Mengapa demikian? Karena uang untuk bayar kos dan kuliah biasanya juga sudah ada jatahnya sendiri di luar uang bulanan. Bener nggak? Ya, walaupun ngak menutup kemungkinan ada mahasiswa yang sudah memasukkan daftar bayar uang kuliah dan kosnya dari tabungan pribadinya.

Dalam kasus ini, jika mahasiswa selalu tergoda untuk jajan di luar sebagai makanan sehari-harinya, ya wajar kalau akhirnya nggak pernah ada sisa uang untuk ditabung. Misalnya saja sekali makan di luar butuh uang Rp 10.000,00 kalikan 3 sudah Rp 30.000,00 kan? Padahal kalau mau masak sendiri, jelas pengeluaranmu bisa ditekan. Rp 20.000,00 saja kamu sudah bisa makan kenyang kok seharian. Asal nggak muluk-muluk makan daging tiap hari aja.

Rp 20.000,00 bisa buat masak apa?

Terus sisanya yang Rp 5.000,00 bisa dipakai kebutuhan lain misalnya ngeprint tugas atau fotokopi. Toh juga nggak setiap hari kan kamu punya tugas yang harus diprint dan fotocopy.

Jadi di akhir bulan kamu punya sisa dana Rp 250.000,00 dikalikan 12 bulan dalam setahun ada Rp 3.000.000,00. Uang segitu jelas sudah lebih dari cukup untuk jalan-jalan ke banyak tempat bahkan termasuk luar negeri.

Ke mana aja? Cek daftar lengkapnya daftar liburan dengan budget Rp 3.000.000,00.

Biasakan Mencuci Pakaian Sendiri, Ucapkan Selamat Tinggal pada Laundry

Gonta ganti baju demi eksistensi di lingkungan kampus memang bukan hal yang dosa. Tapi akan lain ceritanya kalau kebiasaan itu berdampak pada cucian yang menumpuk lantas membuatmu malas dan akhirnya melemparkan cucianmu ke laundry. Padahal semurah-murahnya biaya laundry juga masih akan lebih bermanfaat jika uangnya ditabung. Kalau kamu memang malas mencuci banyak pakaian, siasati saja dengan langsung mencucinya setelah dipakai. Hayo masih punya alasan mengelak apa lagi buat tips yang satu ini?

Masak sendiri, cuci sendiri, sumber: http://clipart-library.com/clipart/837655.htm


Jangan Manja, Selama Jarak Bisa Ditempuh dengan Jalan Kaki, Tinggalkan Kebiasaan Naik Kendaraan

Kamu tahu kan salah satu ancaman terbesar bagi masyarakat abad ini adalah penyakit yang diakibatkan kurang gerak? Salah satu pemicu terjadinya fenomena ini adalah karena manusia sekarang suka hal-hal yang berbau instan. Jika ke minimarket bisa memakai motor, kenapa harus berjalan kaki?

Nah pola pikir seperti ini yang harus kamu tinggalkan secepatnya. Selagi bisa ditempuh dengan jalan kaki, ya ayo jalan. Apalagi kalau hanya untuk ke kampus yang jaraknya tidak seberapa, uang bensin juga bisa dihemat untuk tabungan kan? Toh, jalan kaki ini tidak hanya menyelamatkan dompetmu, tapi juga untuk menjaga kesehatanmu.

Kamu mau tua sakit-sakitan karena masa muda bermalas-malasan?

Jalan sehat, sumber: https://dribbble.com/shots/3845096-Monday

Simpan ATM-mu di rumah saja

Kedengarannya memang aneh tapi ini bisa jadi terjadi pada kamu tanpa disadari. Ketika membawa kartu ATM ke mana-mana kamu menjadi kurang berdisplin dalam mengatur uang karena berpikir, “Ah nanti kalau ada apa-apa bisa ambil di ATM”. Kebiasaan semacam ini meskipun terlihat sederhana namun mempengaruhi keberhasilan kamu dalam mengumpulkan uang untuk berlibur.

Jika kamu telah mengambil uang untuk seminggu dan menyimpan kartu ATM di lemari akan membiasakan kamu untuk tidak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu. Misalnya saja tiba-tiba ngelihat sale tas langsung beli karena merasa masih punya uang di ATM dan tinggal gesek.

Alih-Alih Jadi Konsumtif, Belajarlah agar Selalu Produktif

Saya juga pernah jadi mahasiswa kok, dan saya pun seorang wanita. Jadi saya tahu jika belanja dan bersenang-senang adalah salah satu hobi wanita dari kalangan mana saja. Nongkrong di kafe, nonton ke bioskop, belanja ke mall, wanita mana sih yang akan menolak kegiatan ini?

Tap dear, kamu juga harus segera sadar diri. Jika kamu tidak dilahirkan dari keluarga kaya 7 turunan, ada baiknya kamu menghentikan perilaku konsumtifmu itu. Ingat bapak ibu di rumah berjuang keras bekerja bukan untuk membiayai gaya hidup kita loh.

Kurangi hobi belanja, sumber: https://dribbble.com/shots/4387943-Information-Overload-Evree

Jadi, mulai sekarang coba deh belajar untuk produktif. Kamu tahu kan di era sekarang ada banyak kegiatan yang jika dikerjakan dengan komitmen dan ketekunan juga menghasilkan pendapatan. Kerja part time juga mulai banyak ditawarkan bagi kamu yang masih mahasiswa. Kalau ada kesempatan kerja part time manfaatkan sebaik mungkin, jangan malah menjadi malu karena harus kerja part time. Toh nanti kalau kamu punya banyak uang juga kamu yang menikmati, kenapa harus mendengarkan komentar negative dari orang lain?

Belum lagi dengan peluang menjanjikan menjadi seorang blogger, freelance writer, vlogger, selebgram? Duh, serius deh, hidup di jaman ini akan membuatmu kembali berpikir bahwa ada banyak pekerjaan aneh yang baru tercipta malah menghasilkan keuntungan berlipat ganda.

Peluang usaha tahun ini, sumber: https://dribbble.com/shots/4020948-Saving-money-on-the-Internet

Ketimbang waktu dan kuotamu habis untuk scroll feed Instagram yang itu-itu aja, cobalah untuk belajar strategi digital marketing yang akan membantumu menjadi sosok sukses lewat Instagram.

Ketimbang waktu dan kuotamu habis untuk nonton Youtube, yuk baca buku dan literature cara membuat konten youtube yang menghasilkan pendapatan.

Ketimbang waktu dan kuotamu habis untuk streaming drama korea, ayo belajar menulis untuk personal branding. Apalagi banyak juga situs yang akan menghargai kontributornya dengan berbagai reward menarik, www.tabook.id salah satunya.

Simpan ATM mu agar Dijauhkan dari Godaan Tangan dan Mata dari Belanja Hal yang Tidak Dibutuhkan

Kamu sudah mahasiswa, bukan anak SMA. Artinya kamu bisa membedakan kebutuhan dan keinginan. Kalau sudah begitu, maka kamu juga harus bisa mengontrol keinginan. Salah satu cara ampuh yang bisa digunakan untuk mengontrol keinginan adalah dengan membatasi pergerakan ATM. Tariklah uang sesuai daftar yang kamu anggarkan, lalu simpan dulu ATM mu di tempat yang tidak mudah kamu jangkau. Percayalah cara menyiksa ini akan membuatmu bahagia di akhir cerita.

Datanglah ke Acara Kampus untuk dapat Ilmu dan Makanan Gratisnya

(Khusus bagi kamu yang masih mahasiswa) Kampus adalah salah satu tempat yang rutin menggelar acara untuk mahasiswa. Namun yang sering terjadi adalah, mahasiswa enggan datang jika tidak diwajibkan oleh di dosen. Padahal dengan duduk manis di acara seminar atau talkshow, kamu sudah pasti akan mendapatkan ilmu dan makanan secara gratis. Bisa dipakai untuk menghemat anggaran kan?.

Jadilah Sehat dan Hemat dengan Air Putih dan Wifi Gratis Setiap Hari

Rasanya untuk hidup di jaman ini sungguh tidak bisa dijalani tanpa adanya kuota data. Tapi akan lebih baik kalau semua jatah melihat video atau scroll Instagram dihabiskan dengan menggunakan wifi. Rajin-rajinlah mencari tempat yang menyediakan akses wifi gratis, misalnya di kampus. Atau jika punya teman ramah dan baik hati, datanglah ke kosnya untuk numpang wifian hehe.

Samahalnya dengan minuman sehari-hari, biasakan hidup sehat dengan minum air putih. Kurangi minuman rasa dan bersoda yang mahal dan tidak menyehatkan itu. hidup sehat dan hemat ternyata mudah kan?

Gabung dengan Komunitas Traveling dan Backpaker ntuk Dapat Info dan Relasi Sebanyak-banyaknya agar Mimpi Jalan-Jalanmu segera Terealisasi. Eits mau gabung jadi komunitas di Tabook Indonesia? Bisa juga kok, dan temukan berbagai manfaat menariknya hanya di sini. 

Kamu tinggal mencari di facebook tentang keberadaan komunitas ini. jika sudah ketemu, langsung saja gabung. Karena selain kamu akan mendapatkan kenalan baru, bergabung bersama komunitas akan membuatmu memiliki banyak pandangan baru untuk jalan-jalan seru. Bahkan kamu juga bisa ikut jalan-jalan bersama mereka dengan pembagian biaya yang lebih murah tentunya. Menarik bukan? Apalagi para backpacker ini terkenal dengan sifat ramah dan pedulinya loh, dengan alam saja mereka peduli apalagi dengan kamu.

Jadi jangan malu untuk memasuki lingkungan baru ya! Ingat, malu bertanya sesat di jalan lo!

Bonus! Manfaatkan Masa Studimu dengan Mengikuti Beragam Kompetisi dan Beasiswa

Masa kuliah itu menyenangkan dan nggak bisa terulang. Jadi jangan pernah menyia-nyiakan masa keemasanmu ini. di bangku kuliah, kamu bisa mendapatkan banyak informasi untuk kompetisi dan beasiswa. Jangan malas mencari informasi dan mengikuti ajang-ajang bergengsi tersebut.

Misal yang terkenal adalah kompetisi PKM yang didanai DIKTI sampai 12 jtua rupiah. Kalau kamu bisa memanfaatkan ajang ini sebaik mungkin, bukan perkara mustahil kamu akan terpilih untuk event nasionalnya yang diselenggarakan di kota lain. Dapat uang, ilmu, dan jalan-jalan gratis siapa sih yang nggak kepingin?

Atau beasiswa yang menawarkan program pertukaran pelajar ke luar negeri. Hanya di bangku kuliah kamu bisa mendapatkannya. Jadi sekali lagi, manfaatkan masa kuliahmu dengan sebaik-baiknya. Jangan hanya jadi mahasiswa biasa yang kesibukannya hanya kuliah dan pulang ke rumah.

Nah kamu sudah membaca semua tipsnya dengan baik kan? Satu hal yang harus kamu ingat, semua mimpi bisa menjadi nyata kalau kamu punya niat dan usaha yang benar. Jadilah manusia yang memegang teguh komitmennya. Jika sudah punya tekad, berjuanglah sampai di titik darah penghabisan hehe.

Ingat lagi, bukan karena kaya yang akan mewujudkan impian jalan-jalanmu, melainkan niat dan usaha nyata di baliknya. Kalau kamu punya ide dan tips jitu lainnya tambahkan saja di kolom komentar. Berbagi itu baik kan?


Komentar (0)

Anda harus masuk terlebih dahulu untuk bisa berkomentar.