Dipublikasi pada 01 Nov 20184 Wisata Kuliner Durian, Ambil dan Makan Langsung dari Pohonnya! Kamu suka makan durian? Pernah nggak kepikiran untuk makan durian yang diambil sendiri langsung dari pohonnya?

4 Wisata Kuliner Durian, Ambil dan Makan Langsung dari Pohonnya!

Kamu suka makan durian? Pernah nggak kepikiran untuk makan durian yang diambil sendiri langsung dari pohonnya?

Kalau wisata petik apel, petik jeruk, atau petik strawberry ya memang dikatakan hal yang lumrah dan biasa. Namun bagaimana jika ada sebuah wisata yang menyajikan wisata petik durian? Nah ternyata Indonesia punya loh wisata yang seperti ini. Apalagi Indonesia memang dikenal sebagai surganya buah durian. Karena dari Sabang sampai Merauke ada puluhan jenis buah durian yang kaya cita rasa.

Beberapa tempat subur penghasil durian di Indonesia bahkan berinovasi dengan memberikan pengalaman terbaik mulai dari belajar menanam, merawat, hingga “memetik” durian langsung dari pohonnya. Cocok sekali untuk dikunjungi bagi kamu yang suka durian, kira-kira di mana saja ya tempatnya? Cek aja daftarnya berikut ini ya!

1. Trenggalek Jawa Timur dengan Desa Wisatanya, Durensari

Dari Jawa Timur, tepatnya di Trenggalek ada sebuah desa wisata bernama Durensari yang menjadi lokasi pertama untuk menikmati durian langsung dari pohonnya. Desa wisata ini benar-benar akan memanjakan pengunjungnya dengan hamparan kebun yang dipenuhi pohon durian di sepanjang jalan.

Apalagi kawasannya yang asri akan membuatmu merasa betah berjalan kaki menyusuri kebun. Pepohonannya yang rindang dan meneduhkan, aroma durian yang menggugah selera. Ah benar-benar seperti surga dunia. Nantinya kamu juga bisa menikmati langsung durian yang matang dan sudah jatuh dari pohonnya. tak hanya satu dua jenis durian saja, ada berbagai jenis durian yang bisa kamu temui dan nikmati di sini.

Wisata Petik Durian di Trenggalek via https://unsplash.com/photos/xZa4JUE7EdM

2. Jawa Barat dengan Desa Sangkanwangi, di Banten

Kawasan ini adala salah satu pendongkrak pendapatan masyarakat sekitar Kabupaten Lebak, wilayah Banten. Sebuah desa wisata yang dibangun dengan diisi berbagai jenis durian yang ditanam di dalamnya. Ada durian hepi, durian otong, hingga durian terfavorit yaitu durian matahari juga bisa ditemukan di sini. Selagi menyantap durian di kebun milik warga, kamu juga bisa mengobrol akrab dengan warga karena keramahannya yang menyenangkan. Durian di sini terkenal dengan kelebihannya yang menggugah selera, misalnya aromanya khas, rasa manisnya kuat, daging durian yang tebal, dan durian tanpa biji.

3. Dari Indonesia Tengah ada Polewali Mandar, Agrowisata dari Sulawesi Barat

Selanjutnya ada Agrowisata Polewali Mandar yang terletak di Bulo, Provinsi Sualwesi Barat. Tak hanya menyuguhkan berbagai jenis durian enak, di sana juga ditawarkan pengalaman menanam durian. Bahkan kamu juga akan diajarkan cara merawat durian setelah praktik menamam dilangsungkan.

Adalah Aco Masruddin Mogot yang mempelopori pembangunan kawasan wisata durian ini. Kurang lebih seluas 3.5 hektar, desa wisata ini termasul sebagai salah satu desa wisata durian terluas di Indonesia bagian tengah. Meski letaknya jauh jika dibandingkan dengan pusat kota, namun berwisata ke agro ini tak kan pernah disesali. Karena berada di kawasan pinggiran kota justru memberikan nilai plus yaitu hamparan bukit hijau yang bisa dinikmati selagi menyantap durian.

4. Kota Bogor juga Punya Kebun Durian, Namanya Warso

Kadang disebut sebagai Warso Farm, kebun seluas 9 hektar ini penuh ditanami berbagai buah-buahan termasuk durian. Berlokasi di Cihideung, Desa Cipelang, berwisata ke kebun ini tidak akan dipungut biaya masuk. Karena keuntungan pengelola didapatkan dari penjualan buah yang diitanam.

Kurang lebih ada 900 pohon yang tersebar dari 12 varian durian ditanam di sini. Tak perlu jauh-jauh ke Malaysia untuk bisa menikmati durian musang king, karena di Warso Farm ada pohonnya. Durian Thailand yaitu Monthong juga ada. Durian petruk khas Jepara, Lay khas Kalimatan Timur, hingga durian pelangi khas Papua pun mudah ditemukan di sini.

Wisata Petik Durian, Warso Farm Bogor via https://www.instagram.com/p/BnX9Fdfn0JG/?tagged=warsofarmbogor

Uniknya lagi ada juga durian hasil silang antara durian lay asli Kalimantan dengan Rancamaya asli Bogor yang menghasilkan paduan rasa sangat lezat. Selain kenikmatan menyantap beragam jenis durian, menikmati pemandangan Gunung Salak yang terhampar di kawasan ini juga menjadi daya tarik tersendiri wisata durian ini. Warso Farm buka setiap hari mulai jam 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Pastinya pengunjung akan membludak di akhir pekan.

Nah gimana, tertarik mencoba? Yuk segera rencanakan liburanmu ke wisata kuliner durian bersama Tabook di sini. Selamat berlibur! Semoga liburanmu menyenangkan!

Komentar (0)

Anda harus masuk terlebih dahulu untuk bisa berkomentar.