Dipublikasi pada 08 May 2018Cita Rasa Tersembunyi di Gang Sate Ponorogo Halo sobat!

Cita Rasa Tersembunyi di Gang Sate Ponorogo

Halo sobat!

Berkunjung ke suatu kota tentunya belum lengkap apabila belum mencicipi cita rasa kuliner setempat. Nah, kali ini kita akan travelling ke Ponorogo salah satu kota yang terkenal kaya akan keseniannya. Yap, Reog merupakan salah satu kesenian kebanggaan Indonesia yang sudah mendunia. Tapi topik kita sekarang adalah destinasi kuliner. Mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui bahwasanya di Ponorogo ada salah satu tempat dimana surganya sate terletak. Sebuah perkampungan unik di Ponorogo memiliki sebuah gang yang hampir seluruh warganya mempunyai mata pencaharian warung sate.

http://ethnic-travell.blogspot.com/

Terletak tepat di sebrang kota yaitu di Jalan Lawu, Gang Sate, Nologaten, Ponorogo gang ini memiliki nuansa berbeda dengan gang – gang lainnya. Ketika kalian baru memasuki gang ini bau khas bumbu kacang sate sangat kental lengkap dengan kebulan asap sate yang menggumpal di sepanjang jalan yang kalian susuri di gang ini.

http://www.thepicta.com/tag/pasarlegisonggolangit

Apabila kalian turun di terminal Seloaji Ponorogo kalian tinggal ambil jalan lurus sampai kalian menemui pasar Songgolangit yang terletak di kiri jalan, nah kalian akan mendapati perempatan dengan di tengahnya berdiri gagah patung warok yang menyanggah piagam adipura, setelahnya kalian belok ke kiri lurus kira kira 300 meter akan mendapati kedai makan sate lego disitulah kalian harus belok ke kiri lagi memasuki jalanan lawu hingga menemuai gapura khas dengan warna merah dengan tulisan gang sate. Disinilah gang sate berada, lengkap dengan aroma dan cita rasa yang menggugah selera.

https://www.tripadvisor.co.id/Restaurant_Review-g2654170-d8407452-Reviews-Sate_Ponorogo_Tukri_Sobikun-Ponorogo_East_Java_Java.html

Berbeda, yap berbeda dengan rasa sate – sate pada umumnya. Teruntuk kalian para pecinta sate, wajib kudu mencoba sate Ponorogo ini. Rasa yang akan kalian dapat berupa rasa manis dari daging ayam yang baru saja dibakar dengan bumbu rahasia serta rasa gurih dari saos kacang yang dicampur dengan bumbu – bumbu dapur dengan racikan khas pemiliknya. Penyajiannya memang tidak berbeda dengan sate pada umunya yaitu, dengan guyuran bumbu kacang lengkap dengan potongan lontong dan irisan bawang merah yang mempercantik sajian sate. Akan tetapi, kalian bisa memilih sambel kacang basah atau kering dan juga disini kalian bisa memilih sate kulit, sate yang berupa daging saja atau non kulit, atau campuran dari keduanya. Dan satu lagi, sate Ponorogo mempunyai potongan daging yang lebih besar dari sate lainnya. Salah satu kedai makan sate yang melegenda di gang ini adalah Sate ayam Ponorogo H.Tukri Sobikun yang merupakan keahlian kuliner nenek moyang yang diwariskan dari generasi ke genarasi sejak tahun 1993. Saat ini sate ayam pak Tukri mempunyai cabang di kota Madiun yang ditangani oleh anak pak Tukri sendiri. Sate pak Tukri pun sudah pernah dicicipi oleh beberapa tokoh hebat di Indonesia, diantaranya Presiden Republik Indonesia Bapak Jokowi dan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono beserta keluarga. Hal tersebut diabadikan di bingkai foto yang terpampang di dinding bata rumah pak Tukri yang sekaligus dijadikan tempat berjualan sate. Eits, untuk kalian yang buru buru dan tak sempat menunggu untuk mengantri sate ayam Ponorogo kalian bisa membungkusnya untuk dijadikan oleh – oleh.

Untuk harga yang ditawarkan pun sangat bersahabat. Hanya dengan sekitar tiga puluh ribu rupiah kalian dapat menikmati sepiring sate lengkap dengan lontong disampingnya dan guyuran bumbu kacang yang melimpah. Nah, untuk kalian yang ingin menjadikannya sebagai oleh – oleh hanya dengan merogoh kocek sekitar lima puluh ribu rupiah kalian dapat membungkusnya. Uniknya lagi, kemasan yang akan kalian dapatkan berupa besek yaitu wadah yang terbuat dari anyaman bambu.

https://www.tokopedia.com/suprastore/sate-ayam-tukri-asli-khas-ponorogo

Service yang terhitung cukup cepat dan tanggap pun menjadi nilai plus yang dimiliki warung sate pak Tukri. Kalian juga dapat menyaksikan secara live para abang – abang yang bertugas untuk membakar sate. Menunggu pesanan tiba sembari menonton tv yang disediakan atau berbincang dengan kawan. Tak lama kemudian sekitar 15 – 20 menitan pesanan sate akan tiba. Tips untuk kalian yang ingin membungkus sate untuk dibawa pulang sangat disarankan untuk pesan terlebih dahulu untuk menghindari antri dan mungkin tidak mungkin untuk menghindari stok habis.

Berikut beberapa info cabang bagi kalian yang penasaran cita rasa Sate Ayam Ponorogo milik H.Tukri Sobikun yang termasyur di kotanya :

1. Jalan Lawu gang I no 43 k dengan no telepon (0352)- 482362 yang merupakan pusat cabang.

2. Jalan Soekarno Hatta sebelah selatan jembatan Jarakan Ponorogo dengan nama Sate Ayam H. Tukri Sobikun (pak Bowo) no telp 0352-482413

3. Madiun 1 : di jalan S. Parman no 48 depan Carefour. no hp 08125981436 / 0352-752125

4. Madiun 2 : di jalan Trunojoyo no 114 sebelah selatan pasar Sleko no hp 08125981436 / 0352-752125

Jadi, kapan kalian mau berkunjung ke Ponorogo dan menjajal kuliner melegenda yang kaya akan cita rasa? Jangan lupa tetep pantengin website kita ya sobat! Tunggu update terbaru info tentang Ponorogo yang lainnya.

Komentar (0)

Anda harus masuk terlebih dahulu untuk bisa berkomentar.