Dipublikasi pada 19 Jul 2018Menjadi Tuan Rumah ASIAN Games 2018, Pemerintah Siapkan 10 Destinasi Unggulan dari Sumatera Selatan Indonesia dipercaya menjadi salah satu tuan rumah untuk penyelenggaraan event olahraga terbesar se Asia, ASIAN Games tahun 2018.

Menjadi Tuan Rumah ASIAN Games 2018, Pemerintah Siapkan 10 Destinasi Unggulan dari Sumatera Selatan

Indonesia dipercaya menjadi salah satu tuan rumah untuk penyelenggaraan event olahraga terbesar se Asia, ASIAN Games tahun 2018.


Bertempat di Palembang, banyak hal mulai dipersiapkan oleh pemerintah guna menyambut kedatangan atlet, supporter, hingga official dari 45 negara yang terdaftar. Salah satunya dengan mempersiapkan 10 destinasi unggulan yang akan dijual sebagai produk wisata terbaik dari Palembang.

Sebenarnya, lebih dari 60 destinasi wisata tersebar di kota ini, namun dalam rangka untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka pemerintah melalui Kepala Dinas Kebudayaan & Pariwisata Sumatera Selatan, Irene C menyatakan bahwa pihanya akan fokus pada 10 destinasi sebagai priorias utamanya.

Salah satu yang akan menjadi unggulan adalah Sungai Musi, yakni sungai terpanjang yang dimiliki Indonesia yang dipercaya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ada juga 3 museum terbaik dari Palembang yang akan membangkitkan rasa penasaran bagi wisatawan untuk mengetahui sejarah Indonesia dari Palembang. Oleh karena itu, pemerintah juga akan bersiap untuk memberikan performa terbaik dari museum yang dipercaya akan mendatangkan banyak wisatawan.

Adapun daftar lengkap 10 destinasi unggulan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Benteng Tua Kuto Besak

Benteng Tua Kuto Besak, pesona wisata Asian Games 2018. Sumber: http://suzannita.com/benteng-kuto-besak-palembang-warisan-kesultanan-palembang-darussalam/

Disebut tua, karena benteng ini sudah berusia lebih dari 17 tahun, sejak pertama kali dibangun sekitar tahun 1780. Sejarah mencatat, benteng ini adalah warisan yang ditinggalkan oleh Kesultanan Palembang Darussalam. Konon katanya benteng ini disebut-sebut sebagai pelindung bagi kota Palembang. Tentu saja kalau berada di sini, pengunjung tidak hanya bisa menikmati arsitektur tua yang menarik, tapi juga sedikit mempelajari sejarah bangsa ini, khususnya kesultanan di kota Palembang. Destinasi yang pas untuk diunggulkan saat Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

2. Museum Sejarah Balaputra Dewa

Wisata Sejarah Palembang, sumber: https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/menelusuri-sejarah-palembang-di-museum-balaputera-dewa

Di museum ini, kamu bisa menemukan berbagai peninggalan antik dari Palembang sejak jaman kesultanan. Di dalam museum yang sudah berusia senja ini, kau bisa menyaksikan kehebatan kerajaan Sriwijaya pada masanya yang tersimpan rapi di ruang pameran. Kau juga bisa melihat berbagai kerajinan yang hanya mungkin ditemui pada zaman kerajaan, seperti tembikar, manik-manik, pengecoran logam, hingga replika prasasti. Berkunjung ke tempat ini pasti akan membuat kita semakin bangga dengan kekayaan nusantara, apalagi sejak Palembang diputuskan jadi tempat penyelenggara Asian Games 2018, 

3. Museum Sejarah Sriwijaya, juga Taman Purbakala Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Menyambut Asian Games 2018 di Palembang. Sumber: https://www.kamerabudaya.com/2017/01/taman-purbakala-kerajaan-sriwijaya-tpks-di-palembang.html

Sriwijaya penguasa nusantara, iya dulu kerajaan dari Sumatera ini memang pernah dielukan karena kekuatan maritimnya. Puluhan tahun lamanya, kerajaan ini meninggalkan jejaknya dengan sempurna di Museum Sejarah Sriwijaya. Ya, Sumatera memang penuh dengan wisata sejarah, tapi pengalaman yang didapatkan selalu mewah.

4. Museum Sejarah Sultan Mahmud Badarudin II

Wisata Asian Games 2018 di Palembang. Sumber: Dokumen DInas Komunikasi dan Informasi Kota Palembang

Jangan bosan dengan wisata sejarah, karena bangsa yang besar adalah yang bisa menghargai dan tak melupakan sejarahnya. Jasmerah,kata Bung Karno. Maka sekali lagi kita ramaikan wisata sejarah untuk membangkitkan gairah wisatawan dari seluruh dunia. Karena momennya juga pas, Asian Games 2018 ini seolah seperti pintu terbuka bagi pemerintah untuk memperkenalkan potensi wisata nusantara yang kaya raya.

5. Kampung Etnik Kapitan

Kampung Kapitan, Pesona WIsata Palembang. Sumber: https://www.instagram.com/p/BkSWsAmAW32/?utm_source=ig_web_copy_link

Aku seorang kapitan.

Pernah dengar lirik tersebut? Kalau nggak pernah juga nggak apa-apa sih, karena di sini Tabook hanya ingin memperkenalkan sebuah destinasi istimewa dari Palembang yang bernama Kampung Kapitan. Ada sebuah kutipan menarik tentang kampung ini, seperti ini.

“Sudah lebih dari beabad-abad tahun yang lalu rumah kapitan menjadi bagian dari keanekaragaman dan simbol kemegahan budaya serta keunikan peradaban masyarakat Palembang, namun sayang kini nasibnya memprihatinkan dimakan usia”. (thefirsttaker)

6. Kampung Religi Al-Munawar

Wisata Kota Palembang, Kampung Religi Al-Munawar. Sumber: https://www.instagram.com/p/BTiYP75jc2S/?utm_source=ig_web_copy_link

JIka sebelumnya ada etnis Tionghoa di Kampung Kapitan, lain halnya dengan Kampung al-Munawar yang mayoritas penghuninya adalah turunan Arab. Semakin membuktikan beragamnya suku, budaya, dan masyarakat Indonesia. Sesuai namanya, kampung ini menyuguhkan pengalaman religi bagi setiap pengunjungnya. Kurang lebih nuansanya seperti pondok pesantren modern.  Tentu destinasi ini akan jadi spot menarik yang bisa diunggulkan untuk menyambut tamu asing dari ajang Asian Games 2018.

7. Wisata Religi, Al-Qur’an/Al-Akbar

Al-Quran Raksasa di Palembang. Sumber: http://www.travelerien.com/2017/09/menengok-dua-objek-wisata-religi-khas-wong-kito.html

Di tempat ini kau akan takjub dengan pemandangan yang tak biasa, yaitu Al-Quran raksasa berisi 30 juz dan terletak di semua sisi bangunan. Ini unik, jadi wajib dikulik ya!

8. Pasar Rakyat 16 Ilir

Pasar Rakyat 16 Ilir Palembang. Sumber: https://www.instagram.com/p/BTS94zEj811/?utm_source=ig_web_copy_link

Nonton Asian Games 2018 di Palembang, pulangnya wajib cari  oleh-oleh di Pasar Rakyat 16 Ilir ya. Tak pernah sepi, begitulah slogannya. Iya, karena pasar ini bisa disebut sebagai yang terbesar dan teramai se-Palembang. Karena lokasinya yang strategis yaitu di sebelah Jembatan Ampera. Strategis dan lengkap, pas banget buat belanja oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

9. Bukit Siguntang

Napak tilas sejarah Palembang di Bukit Siguntang. Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=8afwPLmvX0M

Menyusuri jalan setapak, menuju puncak bukit, menikmati teduhnya pepohonan hijau, menghirup udara segar dari bukit tertinggi di Palembang, semua ini akan kau dapatkan jika datang ke Bukit Siguntang. Sebuah destinasi yang menawarkan pesona alam permai berpadu dengan sejarah kota masa kuno.

10. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro Palembang. Shttps://www.instagram.com/p/BfzUbAilj3N/?utm_source=ig_web_copy_link

Di Kemaro ada apa saja ya? Coba deh cek pengalaman Nomad saat sambang ke Kemaro.

Selain 10 destinasi di atas, ada tambahan destinasi lainnya yang akan difungsikan sebagai prasarana tambahan bagi wisata utama, misalnya Pedestrian di Jalan Jend. Soedirman.

Pemerintah mengemas 10 destinasi unggulan dalam bentuk paket wisata, misalnya paket wisata “Palembang Asik”. Atau bagi wisatawan yang tertarik dengan kunjungan budaya, paket wisata yang disediakan adalah “Cinta Budaya”, dan beberapa jenis paket wisata lainnya.

Semua paket tersebut akan dijual dalam bentuk perjalanan pendek yang hanya memakan waktu 1—2 hari. Jadi para atlet pun juga memungkinkan untuk mengikuti kegiatan short trip ini sebelum lomba berlangsung atau ketika usai melangsungkan pertandingan.

Optimalisasi 10 destinasi wisata tersebut dipercaya bisa menjadi kegiatan yang berdampak positif karena akan memperkenalkan wisata Indonesia kepada mancanegara. Jadi jika di tahap ini sudah mendapatkan respon positif, maka besar peluang bagi wisatawan asing untuk kembali ke Indonesia guna berwisata ke tempat lainnya.

Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk membuat oleh-oleh khas Sumatera Selatan yang bisa diinovasikan dengan tema yang diusung oleh ASIAN Games 2018. Jadi nantinya juga bisa menghasilkan pendapatan bagi warga sekitar.

Komentar (0)

Anda harus masuk terlebih dahulu untuk bisa berkomentar.