Dipublikasi pada 09 Jul 2018Dulu Terabaikan, Kini jadi Icon Wisata Kesayangan Tidak Ada Caption

Dulu Terabaikan, Kini jadi Icon Wisata Kesayangan

Aku suka menjejelajah, tapi diantara semua kota yang sudah pernah ku jamah, Malang selalu jadi rumah.

Malang, kota dingin yang mempunyai beragam wisata mulai dari yang buatan sampai wisata alam. Dari sekian banyak wisata, pernah nggak kalian berkunjung ke salah satu kampung yang lagi hits di kota Malang? Kampung unik dengan beragam ciri tersendiri ini mulai bermunculan dan faktanya mampu menarik wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Yups, kampung tematik merupakan perkampungan yang awalnya kampung biasa namun dengan kreativitas dan ide cemerlang disulaplah menjadi kampung yang digandrungi para wisatawan. Di Malang sendiri ada belasan Kampung Tematik yang menjadi ikon wisata. Nah, berikut beberapa kampung tematik yang wajib banget dikunjungi :

Kampung warna - warni Jodipan

Kampung Warna-Warni Jodipan, sumber: https://sportourism.id/tourism/menelaah-peran-pemerintah-kota-malang-di-ojek-wisata-kampung-tematik


Kamu pasti sudah merasa tak asing dengan kampung hits yang satu ini. Yups, Kampung Warna - Warni Jodipan masuk dalam daftar kampung tematik yang bahkan sampai sekarang masih digandrungi khalayak ramai. Dari anak muda sampai para ibu bapak. Sama seperti namanya, kampung warna - warni Jodipan dipenuhi dengan beragam warna yang setiap tempatnya menjadi spot foto yang instagramable banget dong pastinya. Spot - spot foto tersebut seperti :

1. Spot Jembatan Kaca

Jembatan Kaca, Spot Foto Jodipan. Sumber: http://hariesdesign.com/jembatan-kaca-jodipan-biar-kaya-anak-jaman-now-jodipan-kwj-malang360-malanghits-mijia360-jembatankaca-anakjamannow-yoikimalang-malangexplore-malangdotcom-all360s-lingkarmalang-tinylicio/

2. Lorong Payung

Lorong Payung Kampung Warna Warni. Sumber: www.google.com

3. Tangga Warna - warni

Tangga warna-warni Jodipan. Sumber: https://explorewisata.com/2017/02/lokasi-kampung-warna-warni-jodipan.html/tangga-di-kampung-warna-warni

4. Spot Topeng

Spot topeng di kampung Warna Warni. Sumber: https://www.citradeepa.com/2018/02/wisata-kampung-warna-warni-jodipan.html

Berada di Desa Jodipan, tepatnya berada di area bawah dari jembatan dan rel kereta api pasar loak serta berjarak cukup dekat sekitar 500 meter dengan stasiun kereta api. Fasilitas yang ditawarkan pun sudah cukup lengakap mulai dari parkir, toilet, kios makanan & minuman. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 4.000,00 saja untuk tiket masuk Rp 2.000,00 dan Rp 2.000,00 lagi untuk parkir buat kalian yang bawa sepeda motor. Sedangkan, untuk tarif parkir mobil hanya Rp 5.000,00 dan Rp 15.000,00 - Rp 20.000,00 untuk tarif parkir bis.

Kampung Tridi

Kampung yang satu ini punya spot foto keren berada di sebelah kampung warna - warni. Kampung Tridi Kesatrian ini berada tepat bersebelahan dengan kampung Warna - Warni Jodipan, hanya dibatasi dengan sungai aja. Berbeda dengan kampung warna - warna, sesuai namanya kampung tridi mempunyai keunikan pada gambar - gambar mural 3 dimensi disetiap tembok rumah warga. Lokasi tepatnya bearada di Jalan Tumenggungan Ledok, RT 1- 4, RW 12 Kelurahan Kesatrian Kota Malang. Kalo berada di atas jembatan, terlihat dengan jelas perkampungan warna warni kanan maupun kiri sungai. Nah, kampung tridi berada disebalah utara sungai. Pengecatan atap rumah di perkampungan ini menggunakan konsep gradasi warna, sehingga apabila dari atas terlihat menyerupai pelangi.

Kampung Tridi. Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=QyCgf18GDl8

Tema untuk gambar dimensinya sendiri mengangkat tema anak - anak, alam serta hewan meski beberapa gambar lainnya berbeda dari tema utama. Fasilitas yang ditawarkan pun sudah memadai, mulai dari tempat parkir, kios - kios kecil yang menjajakan minuman maupun makanan ringan, toilet umum dan mushola milik warga yang bisa dimanfaatkan. Berbeda dengan kampung Warna - Warni Jodipan, kampung tridi hanya mengenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp 5.000,00 untuk mobil.

Kampung Biru Arema

Ini dia satu lagi Kampung Tematik, yang masih berjarak dekat dengan kampung Warna - warni Jodipan dan Kampung Tridi. Jadi, kalo main kesini, bisa banget sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Tepat berada di seberang kampung warna - warni Jodipan, saat melintasi kawasan jembatan bantaran Sungai Brantas di sisi barat tepatnya di Jalan Gatot Soebroto kota Malang mata akan dimanjakan dengan dominasi warna biru. Sesuai dengan namanya, kawasan ini dipenuhi warga biru.

Kampung Biru Arema, sumber: https://www.spotbaru.com/2017/12/12-foto-terbaru-kampung-biru-arema-dan.html

Yups, seluruh rumah bercatkan warna biru mulai sari tembok sampai genteng dan disematkan atribut dan simbol tim sepakbola kebanggaan arek Malang, Arema yang menempel di setiap sudut tembok kampung. Tidak ada biaya tiket masuk, dan pengunjung hanya dikenakan biaya parkir saja. Kampung sang legenda, mungkin begitulah sebutannya. Kampung Biru diciptakan untuk mempertegas eksistensi Kota Malang sebagai Bumi Arema, tempat lahir, tmbung dan besarnya tim kesayangan warga Malang. Spot foto? Jangan ditanya, Kampung Biru punya stok spot foto yang keren semua.

Wisata Kampung Putih Malang

Tidak berhenti berinovasi, warga kota Malang menumpahkan idenya lagi dengan menyulap salah satu kampung di Klojen. Kampung Putih menjadi pelengkap list kampung - kampung tematik di Kota Malang. Tak lagi warna - warni sama dengan namanya kampung ini memilih nuansa putih sebagai warnanya. Untuk menemukan Kampung Putih sangatlah mudah sebab berada di pusat kota Malang. Tepatnya, berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto RW 6 Kota Malang.

Kampung Putih kota Malang, sumber: http://dpkp.malangkota.go.id/2017/04/kampung-putih-wujud-keberhasilan-transformasi-kawasan-kumuh/

Ide pembangunan tempat ini diilhami dari sebuah kampung di China dan juga dari White Village di Spanyol. Secara fisik, penampilannya dipenuhi nuansa warna putih pada cat temboknya, kemudian padu - padankan dengan warna hijau pada pintunya dan warna cat abu - abu untuk gentengnya. Nah, di salah satu area terdapat sebuah tugu khas kampung yang dijadikan spot untuk foto. Tepat di depannya terdapat sungai dnegan taman bunga berwarna putih berada di sekitarnya.

Kampung Heritage Kayutangan

Save Malang Heritage, berawal dari gerakan itulah hingga akhirnya kini terbentuk sebuah kampung yang dinamakan kampung Heritage Kayutangan. Dibangun tahun 1870 oleh generasi pertama keluarga Bapak Nur Wasil, rumah bernomor 988 di Jalan Basuki Rahmad gang 6 bergaya arsitektir lawas dengan cat warna krem dan dihiasi ornamen kayu pada bagian atap.

Kampung Kayutangan, sumber: https://www.localguidesconnect.com/t5/Bahasa-Indonesia/Malang-Local-Guides-di-Kampoeng-Heritage-Kayutangan/td-p/784021

Bangunan berukuran 8x11m ini terpajang plakat berbentuk oval bertuliskan “Kampoeng Kajoetangan Rumah 1870 Jl.Basuki Rahmad Gang 6 No 98 Malang”.Bangunannya sendiri terdiri dari ruang bawah dan loteng bertapa perisai di tembok samping pintu. Di beberapa rumah lainnya juga terpasang plakat yang sama sebagai tanda bahwa rumah tersebut bernilai heritage. Dimana rumah - rumah ini dibangung sekitar tahun 1920 hingga 1960-an.

Akses jalannya pun cukup mudah kerena berada di pinggir gang utama. Di RW X wisatawan akan disuguhkan dengan rumah lawas beserta barang antiknya. kemudian , di Makam Tandak pengunjung bisa bermain beranekan permainan jaman dulu tepatnya berada di RW 1. Tak hanya itu, mata akan disuguhkan dengan pemandangan Pasar Talun dan telinga akan didongengi tentang sejarah panjang pasar tua Kota Malang. Gak ketinggalan ada juga suguhan kesenian tradisional dan juga jajanan kuliner jadul.

Kampung Wisata Sanan

Kampung Sanan yang sejak dulu terkenal dengan berbagai olahan tempenya, kini kembali dijadikan salah satu kampung tematik dimana dindingnya disulap dengan berbagai jenis lukisan oleh goresan tangan para seniman Kota Malang. Mulai dari lukisan tokoh wayang, karakter animasi, berbagai pemandangan sampai lukisan kapal pesiar yang pastinya oke banget untuk diupload di feed instagram. Kampung ini berada di Kelurahan Purwantoro, Malang. Ini merupakan insiatif warga setempat guna makin memperkenalkan dan memperluas pasar keripik tempe.

Kampung Wisata Sanan, sumber: http://tempesanan.blogspot.com/2012/09/peta-kampoeng-sanan.html

Kreatif, satu kata yang menggambarkan kampung - kampung yang mau berbenah. Memanfaatkan peluang dengan berbagai ide yang ada. Kampung Tematik wajib banget masuk list liburan kalian! Satu tempat aja bisa dapat ribuan foto ciamik yang instagramable. Selain itu, tiket masuk yang sangat murah jadi gak perlu takut kantong jadi jebol.

Jadi, itulah separuh kampung tematik yang ada di Kota Malang. Yang disetiap tempatnya menawarkan keunikan dan daya tarik yang berbeda - beda. Eits, masih ada lagi loo kampung tematik - kampung tematik lainnya. Penasaran? Tetep stay tune, dan tunggu saya di artikel selanjutnya ya.

Komentar (0)

Anda harus masuk terlebih dahulu untuk bisa berkomentar.