Dipublikasi pada 11 Dec 2018Tertawan dengan Pesona 10 Danau Memukau di Indonesia  Tidak Ada Caption

Tertawan dengan Pesona 10 Danau Memukau di Indonesia 

Sekali tertawan, selamanya takkan mampu melawan. Indonesia dan segala keajaibannya.

Sebagai orang Indonesia, aku bangga dengan segala yang dimiliki bumi pertiwi. Masyarakatnya ramah, kaya budaya, alamnya memesona. Selain gunung dan pantai, baru-baru ini aku dibuat takjub dengan keindahan danau di Indonesia. Saking indahnya, jumlah pengunjung asing maupun domestik terus bertambah seiring waktu. Apalagi ketika satu persatu foto keindahannya diunggah di sosial media. Mendadak viral dan ramai pengunjung, membuatku berdoa sepanjang waktu agar punya waktu, tenaga, dan biaya untuk mengaguminya secara langsung.

Kamu mau tahu danau mana saja yang berhasil membuatku tertawan? Bahkan hanya dengan membaca beberapa sumber dan foto di internet, hatiku sudah berdebar tak karuan. Coba deh lihat-lihat dulu daftarnya, barangkali kamu tertarik untuk berplesir sama aku, eh bercanda.

Danau Toba masih menjadi juara berkat luas dan keindahannya

Sebenarnya daftar ini tidak dibuat berdasarkan peringkat, namun jika membahas tentang danau unik, rasanya kita semua pasti setuju jika danau Toba adalah juaranya. Danau kawah seluas 30 km dengan Panjang 100 km, dan kedalaman yang diperkirakan mencapai 505 meter ini dinobatkan sebagai danau terbesar dan terluas di Indonesia dan Asia Tenggara. Bahkan saking luasnya, ujung danau ini tak terlihat dan bisa saja kita sebut dengan laut. Di tengah danau ada pulau vulkanik yang bernama Samosir.

Pesona danau toba via google.com

Keindahan danau toba sudah tidak perlu diragukan lagi. Bentang alam seluas 30 km terukir dengan pahatan alam yang sungguh sempurna. Benar jika kesempurnaan itu milik Tuhan, karena danau Toba yang diciptakanNya sungguh istimewa. Rasanya aku akan lebih menyesal tidak punya kesempatan mengunjungi Toba dibandingkan dengan bertemu sama boyband Korea, hehe.

Di Nusa Tenggara Barat, Ada Danau Kelimutu yang Pesonanya Tak Pernah Membuat Jemu

Kamu mungkin belum familiar dengan nama ini, tapi bagaimana dengan danau tiga warna? Samar-samar mengingatnya? Danau kawah yang terletak di puncak Gunung Kelimutu, Flores, NTB ini dikenal dengan keunikannya memiliki 3 warna yang bisa berubah sewaktu-waktu. Warnanya kadang bisa merah, biru, hitam, coklat, hingga putih. Danau seluas 1.051.000 m2 itu memiliki fenomena perubahan warna yang unik karena tidak bisa diprediksi, beda  dengan danau berwarna atau perairan berwarna lainnya yang masih bisa diprediksikan perubahan warnanya. Ditambah lagi pesona gunung Kelimutu yang mengelilingi danau dan membuat mata tak jemu memandang.

Danau Kelimutu via google

Merah seperti Darah, Danau Pagaralam di Bengkulu yang Menggelora

Danau merupakan perairan yang terkenal dengan kejernihan airnya, tapi kalau ada danau yang tidak berwarna jernih? Inilah pesona unik Indonesia, dengan danau eksentriknya yang bernama  Pagaralam di Bengkulu. Warnanya merah darah seperti semangat yang menggelora. Terletak di wilayah perbukitan Mandare, danau ini secara kasat mata benar-benar terlihat seperti api yang membara. Tapi kalau kamu mengambil airnya, akan terlihat jika sebenarnya airnya sama jernihnya dengan danau yang lain. Ekosistem yang hidup di sekitar danau ternyata juga unik dan seringkali dijadikan bahan penelitian. Misalnya kelabang berukuran besar, dan berbagai spesies lainnya.

Danau Pagaralam via google

Jambi juga Punya Pesona Unik dari Danau 7 Gunung

Disebut sebagai danau 7 gunung, karena letaknya yang dikelilingi 7 gunung yakni Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut, Gunung Jar Panggar, serta Gunung Tujuh. Terletak di satu gunung saja sudah pasti indah, apalagi kalau dikelilingi 7 gunung? Sudah pasti keindahannya tidak bisa dideskripsikan dengan kata-kata. Danau 7 gunung juga diklaim sebagai danau paling tinggi di Indonesia karena berada di ketinggian sekitar 1.950 m di atas permukaan air laut.

Kalimantan Timur dengan Pesona Cantik nan Unik dari Danau Labuan Cermin

Berada di kecamatan Biduk-Biduk, provinsi Kalimantan Timur yang bisa ditempuh selama 3 jam dari Derawan. Danau ini terkenal sama kejernihannya yang luar biasa. Saking jernihnya, ngaca sambil benerin jilbab aja bisa loh, LOL. Ini masuk jadi impian teratasku, karena berulang kali tergiur dengan video teman-teman yang sudah datang duluan ke sini. Serius kalau ada yang bilang nggak menarik, ayo sini duduk ngopi bareng sama aku.

Danau Labuan Cermin via google

Danau Kakaban, Danau Prasejarah yang Menawan

Disebut sebagai danau prasejarah karena mulai ditemukan sejak zaman peralihan Holosin. Danau dengan luas kurang lebih 5 km2 ini memiliki dinding dari batuan karang yang terjal dengan tinggi 50 meter seolah menahan air laut agar tak keluar dari wadahnya. Karena berumur sangat tua, danau ini telah mengalami perubahan berkali-kali akibat air hujan dan air tanah, yang menyebabkan air danau memiliki kadar tawar lebih dibandingkan air laut yang berada di sekitarnya. Perubahan ini ternyata memiliki dampak untuk ekosistem yang hidup di dalamnya dan akhirnya menjadi daya tarik yang menarik bagi danau Kakaban. Di dalam danau ini dikenal dengan kehidupan ubur-uburnya yang terlihat kasat mata, salah satu jenis ubur-ubur yang sering muncul adalah Cassiopea.

Danau Romantis, Kawah Putih Tempat Mengabadikan Momen Manis

Danau kawah putih terletak di wilayah Ciwidey, Jawa Barat. Terbentuk akibat letusan dari Gunung Patuha, tanahnya bercampur dengan belerang dan membuat warnanya menjadi putih. Sementara air di dalam kawah warnanya putih kehijauan dan kadang juga bisa berubah warna. Danau ini sering dijadikan sebagai lokasi foto pre wedding loh. Karena lokasinya benar-benar mengundang suasana romantis seperti di luar negeri.


Danau Warna Warni dari Sulawesi Utara, Danau Linow

Danau yang berada di wilayah kota Tomohon, Sulawesi Utara ini berdekatan dengan Proyek Pembangkit Tenaga Listrik Panas Bumi-Lahendong. Keunikannya terletak pada perubahan warna air danau di siang hari.

Kaya Warna, Danau di Bengkulu ini seperti Pelangi dengan 7 Warna

Danau 7 warna kebanggaan warga kabupaten Lebong, Bengkulu. Dikelilingi oleh pemandangan hijau dari bukit barisan yang membentang dengan indahnya, danau ini ternyata memiliki suber air panas yang kaya warna. Bayangkan saja warnanya ada 7 seperti biru, kelabu, kuning, coklat, hitam, putih, juga merah. Wajar jika banyak wisatawan yang selalu mengunjungi danau ini. karena pesona alamnya sungguh luar biasa mempesona.

Eksotisme Papua dengan keunikan Biota Danau Paniai

Diambil dari nama kabupaten, Danau Paniai memang berada di wilayah Kabupaten Paniai, Papua. Samahalnya dengan Raja Ampat yang menawarkan eksotisme pemandangan alamnya, danau ini juga menawarkan kekayaan alam yang sangat indah. Dikelilingi oleh tebing tinggi, danau ini dikenal unik karena ekosistem yang hidup di dalamnya. Biota yang hidup di danau unik dan bahkan sudah langka untuk ditemukan di mana-mana, misalnya udang endemic khas Papua dan ikan pelangi.

Danau Paniai Papua via Google

Ini daftarku, kamu nggak mau nambahin daftarnya lagi? Biar makin lengkap gitu, terus nanti kita jalan-jalan bareng deh, seru kan.

Komentar (0)

Anda harus masuk terlebih dahulu untuk bisa berkomentar.